Thursday, August 6, 2015

Menjemur bayi memiliki berbagai manfaat

MENJEMUR BAYI DI PAGI HARI MEMILIKI MANFAAT YANG DAHSYAT

Mengapa bayi harus dijemur di pagi hari ?

Inilah yang menjadi hal penting untuk dilakukan para ayah dan bunda. Anak sehat harus diupayakan sejak dini. Menjemur bayi di pagi hari sangatlah penting. Untuk ayah dan bunda yang belum faham dengan hal ini sangat penting membaca artikel berikut ini. 

menjemur bayi di pagi hari
Menjemur bayi sangat penting. Mengapa? Karena bayi yang baru lahir itu belumlah bisa dan optimal dalam melakukan metabolisme tubuh. Banyak organ tubuhnya yang belum berfungsi normal. Misalnya matya yang belum bisa melihat warna di awal-awal kelahiran yaitu sekitar 1 minggu. Kemudia Mulut belum bisa berbicara, kaki tangan belum bisa bergerak sempurna dan masih banyak lagi. Termasuk juga organ dalam bayi seperti pencernaan, jantung, hati dan lainnya. Lantas apa kaitannya dengan menjemur ?

Menjemur bayi membantu mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi. Ya, bilirubin ini belum bisa diolah secara maksimal oleh organ hati. Sehingga apabila kadarnya berlebih maka akan menyebabkan bayi menjadi kuning. Ini yang disebut kuning fisiologis. Sinar matahari pagi memiliki spektrum sinar biru yang sangat bermanfaat mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi. Sudah faham kan ? 

Itulah kegunaan sinar matahari dalam hal mengurangi kadar bilirubin. Namun ternyata tidak hanya itu fungsi sinar matahari bagi bayi. Kegunaan lain dari sinar matahari adalah bisa menghangatkan tubuh bayi dan juga membantu mengeluarkan lendir - lendir yang ada di tenggorokannya. Lendir ini perlu untuk dikeluarkan karena akan menghambat pernafasan dan menimbulkan suara ngorok pada bayi ketika tidur. Apalagi kalau sambil dijemur dalam posisi telentang, dada bayi--dari bagian bawah menuju ke leher--ditepuk-tepuk dengan lembut.

Menjemur bayi juga akan merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh bayi. Vitamin ini penting ga sih? Ya, penting sekali. Vitamin D digunakan untuk pembuka kalsium agar mudah terserap ke dalam aliran darah, sampai berlanjut menyatu di dalam tulang. 

Waktu yang dibutuhkan untuk menjemur bayi adalah sekitar 15 menit. Jangan terlalu lama. Karena bayi akan kepanasan. Perhatikan juga waktu menjemur. Agar lebih lengkap berikut ini hal - hal yang perlu diperhatikan dalam menjemur bayi.

Memjemur bayi harus memperhatikan hal - hal berikut ini : 

1. Durasi menjemur 15 menit.

2. Waktu menjemur adalah sekitar jam 6.30 s.d jam 08.00 pagi.

3. Tidak perlu menggunakan pakaian.

4. Pilih lokasi yang tertutup. Maksudnya jangan di tempat yang sangat terbuka seperti lapangan. Cukup di depan rumah yang penting terkena sinar matahari langsung.

5. Menjemur bayi yang prematur tidak perlu dilakukan. Karena dia membutuhkan waktu khusus untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

6. Jangan tinggalkan bayi sendirian ketika dijemur. Dampingi dan ajak ngobrol sambil memijat halus atau sambil membersihkan kotoran - kotoran di sekitar tubuh bayi.

7. Kurangi durasi jemur apabila sinar matahari terlalu terik. 

8. Lakukan penjemuran setelah bayi dimandikan di pagi hari. 



No comments: